Timbanglah Kata-kata Anda dengan Hati-hati

Jan 7, 2023

‘Barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.’Yakobus 3:2 

Ketika berbicara tentang lidah Anda, berikut adalah tiga aturan:

(1) Jangan bicara terlalu cepat. “Kita semua membuat banyak kesalahan. Karena jika kita bisa mengendalikan lidah kita, juga bisa mengendalikan diri kita sendiri dalam segala hal.' Karena Anda tidak akan pernah bisa menyadari sepenuhnya semua kepekaan seseorang, Anda harus mengandalkan Roh Kudus untuk mengarahkan ucapan Anda dalam cara yang tidak mengingatkan rasa sakit mereka atau pengalaman buruk lainnya. Setiap orang memiliki tingkat kepekaan yang berbeda-beda, tergantung pengalaman masa lalunya. Termasuk anda juga. Jadi berlatihlah untuk tidak mudah tersinggung, dan berikan kesempatan kepada orang lain ketika seseorang mengatakan sesuatu yang dapat disalahartikan sebagai menyinggung.

(2) Jangan merespon terlalu cepat. 'Menjawab sebelum mendengarkan—itu adalah kebodohan dan memalukan.' (Amsal 18:13) Sebelum Anda berbicara, dengarkan baik-baik dan pastikan Anda memahami apa yang sebenarnya dikatakan. Dan jika Anda tidak mengerti—katakan sebagaimana mestinya. Keinginan Anda untuk 'terlihat baik' dapat menyebabkan Anda kehilangan rasa hormat di mata orang yang ingin Anda kagumi.

(3) Jangan berkomitmen terlalu cepat. tulis Solomon, ‘Janganlah terburu-buru dengan mulutmu, dan janganlah hatimu lekas-lekas mengeluarkan perkataan di hadapan Allah.’ (Pengkhotbah 5:2)

Kemudian dia melanjutkan dengan menjelaskan bagaimana kita seharusnya tidak mencoba untuk keluar dari komitmen dengan mengatakan bahwa kita melakukan kesalahan. Kata-kata Anda adalah ikatan Anda, dan ketika Anda melanggar janji, Anda menyakiti orang dan kehilangan kepercayaan mereka. Jadi berhentilah sebelum Anda berbicara, dan jika perlu, luangkan waktu untuk berdoa. Waktu dan kata-katamu adalah dua hal yang tidak akan pernah bisa ditarik kembali, jadi pertimbangkan baik-baik apa yang anda katakan.

SoulFood: Yesaya 17-21, Lukas 1:57-66, Mazmur 42:1-5, Amsal 1:20-27
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
     12
31      
   1234
262728    
       
  12345
2728