Bersikaplah lembut (2)

Jan 16, 2023

‘Terimalah orang yang lemah imannya tanpa mempercakapkan pendapatnya.’Roma 14:1 

Ketika seseorang membuat Anda kesal atau kecewa, Tuhan mengharapkan Anda untuk berbaik hati kepada mereka dari pada menghakimi. Alkitab mengatakan, ‘Kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu kejalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.’ (Galatia 6:1) Anda berkata, 'Jika saya dicobai bagaimana?' Ketika anda dicobai untuk menghakimi atau mengatakan saya 'lebih suci darimu'. Itu adalah tanggapan yang salah.

' Terimalah orang yang imannya lemah, tanpa pertengkaran.' Alih-alih mengkritik kesalahan mereka, Anda seharusnya membantu memperkuat iman mereka. Pada saat anda mulai menghakimi orang lain saat itulah anda sendiri membuka diri terhadap serangan setan pada kelemahan Anda.

Apakah Anda bereaksi, 'Sudah kubilang kan,' atau 'Aku tau ini akan terjadi,' atau 'Rasain,' atau 'Bodoh sekali?' Reaksi yang Yesus tunjukkan terhadap wanita yang ketahuan berzinah halus dan penuh kasih sayang. Dia membela wanita itu di depan umum, lalu memulihkannya secara empat mata. Yesus ramah, Ia tidak menghakimi. Mengapa Anda harus berusaha untuk tidak menghakimi? Karena Begitulah cara Kristus memperlakukan Anda.

‘ Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah.’ (Roma 15:7) Jika Tuhan bersabar dengan ketidaktaatan dan kelemahan-kelemahan yang anda miliki, Anda juga dapat belajar untuk bersabar terhadap kekurangan orang lain bukan? Kapan pun Anda tergoda untuk menghakimi orang lain, berhentilah sejenak dan ingatlah betapa Tuhan telah mengampuni Anda. Semakin Anda mengenali anugerah Tuhan kepada Anda, semakin Anda akan menjadi ramah kepada orang lain.

SoulFood: Yesaya 45-48, Lukas 3:1-10, Mazmur 79, Amsal 2:9-10
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
282930    
       
   1234
262728    
       
  12345
2728