Demi Tuhan, Kendalikan Dirimu!

Feb 8, 2023

‘Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.’Amsal 25:28 

Pencobaan, orang-orang yang tidak menyenangkan, dan keadaan yang membuat frustrasi berpotensi mengecewakan—dan kabar buruknya adalah, semua itu tidak akan hilang dalam waktu dekat. Namun, kabar baiknya adalah, itu bukan masalah Anda! Faktanya adalah, bukan apa yang terjadi pada Anda yang menentukan suasana hati Anda; tetapi apa yang terjadi didalam Anda! Kita membayangkan hidup akan segera berubah menjadi lebih baik jika kita dapat mengubah orang dan keadaan, tetapi akan ada orang dan keadaan baru yang harus dihadapi, bukan?

Salomo benar; ini bukan tentang mengendalikan dunia di luar—ini mengendalikan dunia di dalam. Amsal memberitahu kita, 'Seseorang tanpa pengendalian diri seperti kota dengan kehancuran'; dengan kata lain, kota yang terbuka untuk diserang. Satu-satunya cara untuk menjamin keamanan Anda adalah lupakan mengontrol orang dan hal lainnya, dan fokus memelihara dinding pelindung Anda.

“Tetapi orang-orang dan keadaan dapat membuat saya merasa tidak mampu dan rentan,” kata Anda. Alkitab memberi tahu kita bahwa‘Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.’ (1 Petrus 5:5) Faktanya, mengenali kekurangan Anda sendiri adalah Langkah pertama dalam perjalanan menuju keutuhan. Langkah kedua adalah menerima bahwa hanya Tuhan yang dapat memberdayakan Anda dengan pengendalian diri (Filipi 2:13). Langkah ketiga terletak pada pemahaman bahwa pengendalian diri tidak datang dari tekad yang kuat; itu adalah produk Roh Kudus—buah Roh (Galatia 5:22–23). Ketika Anda tunduk kepada Roh yang tinggal di dalam Anda, Dia akan memperkuat tembok Anda dan memberdayakan Anda untuk berdiri kuat melawan musuh.

SoulFood: Kejadian 35-36, Lukas 8:40-56, Mazmur 125, Amsal 4:3-4
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
282930    
       
   1234
262728    
       
  12345
2728