Belajar Menghadapi (2)

Feb 13, 2023

‘Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran.’Ibrani1 2:11 

Konfrontasi atau pertetangan yang sehat menuntut anda untuk menempatkan kesejahteraan orang lain di atas kepentingan Anda sendiri. Jadi bagaimana Anda mengkonfrontasi seseorang dengan cara yang benar? Dengan melakukan tiga hal ini:

(1) Pastikan. Pasti ada alasan bagus untuk berkonfrontasi. Harusnya ini adalah peristiwa yang langka dan bukan terjadi setiap hari. Bukan pengalaman yang Anda harapkan. Jika ya, Anda perlu memeriksa motif Anda. Apakah Anda merasa lebih unggul? Apakah Anda mengarahkan kemarahan terhadap orang ini karena masalah yang sama sekali berbeda? Apakah Anda mengangkat diri Anda sendiri dengan merendahkan orang lain? Sebelum menghadapi seseorang, Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur.

(2) Bersikaplah spesifik. Ketidakjelasan mengarah pada hasil yang tidak pasti, tidak peduli seberapa bijaksana dan anggun kata-kata Anda. Pastikan Anda mengetahui alasan konfrontasi; kemudian jelaskan kepada orang lain.

(3) Bersikaplah peka. Setiap situasi berbeda, sehingga perlu ada waktu doa dan merenung sebelum bertatap muka. Jika tidak, Anda pasti akan menghadapi masalah, dan orang lain akan merasakan ketidakpastian dan kegelisahan dalam kata-kata Anda. Jangan ambil risiko itu. Jika Anda belum meluangkan waktu untuk berdoa dan meminta nasihat sebelumnya, jangan langsung masuk ke situasi tersebut.

Kita semua telah melihat tipe pendekatan agresif. Sudah pasti meninggalkan kebingungan, kebencian, dan jejak jiwa yang terluka. Pastikan kata-kata dan nada suara Anda selaras dengan orang yang Anda hadapi. Dan cobalah untuk mengatur agenda pribadi Anda; semua ini tentang Anda! Perhatikan baik-baik waktunya, pilih kata-kata Anda dengan hati-hati, dan, yang pasti, berdoalah memohon bimbingan. Ingatah, konfrontasi seperti yang Kristus lakukan setiap kali membawa hasil yang benar.

SoulFood: Kejadian 44-46, Lukas 9:37-45, Mazmur 145:1-13, Amsal 4:20-22
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728