Memahami Kemampuan Anda

Apr 12, 2023

‘Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah .., menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.‘ Roma 12:3

Terkadang sulit untuk tetap positif. Televisi, surat kabar, dan media sosial dapat menciptakan iklim ketakutan dan depresi seperti itu, hal itu menyumbat kemampuan Anda untuk mengatakan 'ya' pada hal-hal yang membangkitkan semangat. Namun ketika kita menghargai jalan Tuhan, dan memutuskan untuk menjadi kokoh di dalam Dia, kita harus mempersiapkan diri untuk mengatakan 'tidak' untuk hal-hal dalam hidup yang tidak sesuai dengan Firman-Nya dan jalan-Nya. Di dunia sekarang ini, itu bisa sangat sulit.

Alkitab berkata: ‘Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu.’ (Roma 12:2) This ‘berubahlah oleh pembaharuan budimu’ adalah proses yang hanya bisa dilakukan oleh Tuhan dalam diri kita. Ini adalah pekerjaan yang memungkinkan kita untuk 'memiliki perkiraan yang waras' tentang kemampuan kita. Jika kita berserah kepada-Nya, Tuhan akan mengganti 'ide berlebihan' yang kita miliki tentang diri kita sendiri—apakah itu terlalu melebih-lebihkan atau meremehkan—dengan pemahaman yang realistis dan masuk akal tentang kekuatan dan kelemahan kita sendiri. Dia memberi kita alat kebebasan sehingga kita dapat dibebaskan dari kesombongan tentang diri kita sendiri dan juga dari kritik yang berlebihan tentang diri kita sendiri.

Tuhan ingin memakai kita untuk membuat perbedaan nyata di dunia. Tetapi penting untuk belajar 'membekali' (2 Korintus 10:5) pikiran-pikiran yang mengatakan sebaliknya. Ini tidak berarti kita harus penuhi dengan diri kita sendiri. Tidak, mengetahui siapa kita di dalam Tuhan berarti kita penuh dengan Dia; tidak penuh dengan diri kita sendiri. Kita harus siap untuk menunjukkan jalan-Nya kepada orang lain.

SoulFood: Imamat 18-20, Lukas 24:25-35, Mazmur 25:1-7, Amsal 10:1
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
282930    
       
   1234
262728    
       
  12345
2728